Tuesday 27 January 2015

Sego Separo : "Separo nggo kowe, separo nggo aku..."


Sego separo adalah sebuah ungkapan dalam bahasa jawa yang secara gamblang berarti separuh porsi nasi. Ungkapan ini memiliki makna membagi dua dari sepiring nasi yang akan kita makan. Bayangkan jika Anda makan nasi dengan porsi seperti biasanya. Kemudian nasi didalam piring itu dibagi menjadi dua maka akan ada dua bagian nasi yang jumlahnya masing-masing separuh dari porsi biasanya. Ketika satu bagian nasi itu dipindahkan ke piring yang lain itulah Sego Separo. Begitu juga nasi yang ada di piring Anda.

Mengapa kita perlu membagi dua dari satu porsi nasi yang biasa kita makan? Karena kita perlu membagikan separuh nasi kita kepada orang lain yang kelaparan. Separo nggo kowe, separo nggo aku (Separuh nasi untuk kamu, separuh untuk aku), kenikmatan yang selalu kita dapatkan berupa perut kenyang seharusnya bisa dirasakan pula oleh orang lain. Separo bukan sisa makanan yang kita makan tetapi sebuah keadaan yang setara, aku dan kowe sama-sama kenyang dengan menikmati separo nasi. Kowe menjadi prioritas separo nasi itu (berada di awal kalimat) karena aku telah terbiasa (dan selalu) makan nasi. Sebenarnya tak ada bedanya nasi yang dimakan aku dan kowe karena berasal dari satu nasi yang sama dan dalam jumlah yang sama.

Benarkah aku akan kenyang hanya dengan makan separo nasi? Padahal biasanya aku makan satu porsi nasi. Kalau begitu mari satukan kembali nasi di dalam piring punya aku dan punya kowe lalu kita makan bersama. Jadi aku dan kowe makan satu porsi nasi seperti biasanya. Tak ada bedanya kan? Aku makan satu porsi nasi, kowe pun demikian.

No comments :

Post a Comment